Cara hal yang mudah untuk mengupgrade Kernel di Manjaro Linux versi 17.02


Assalamualaikum Wr.Wb...
dengan diberikan nikmat dan rezeki dari Allah SWT, saya Mr.GagalTotal666 akan
sedikit berbagi yaitu tentang cara hal yang mudah mengupgrade suatu kernel di Manjaro Linux.

sebelum langsung terjun ke pembahasan jika anda tidak mengetahui apa itu kernel
anda bisa baca secara lengkap [disini] mungkin agak panjang jika saya menjelaskan suatu kernel linux dan pasti anda semua sudah tahu lah kernel linux itu apa ^_^.

oke langsung saja kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana mengupgrade suatu kernel di Manjaro Linux versi 17.02 dengan mudah sekali tanpa harus membuka terminal/console dengan CLI,
Manjaro sendiri untuk mengupgrade suatu kernel nya sangatlah mudah dan cepat karena mengupgrade suatu kernel hanya melalui GUI di Manjaro Settings Manajer

untuk mencari Manjaro Settings Manajer anda tinggal ke start menu dan ketik di pencarian
tinggal ketikan saja Manjaro Settings dan nanti juga akan muncul seperti gambar yang di atas

setelah anda ke Manjaro Settings Manajer anda tinggal klik kernel yang icon pinguin
jika sudah di klik akan nampak seperti ini


dan disitu anda pilih kernel nya yang ingin anda install, karena default atau bawaan dari Manjaro sendri kernel nya masih di versi 4.9 buat speksifikasi hardware atau PC maupun Laptop anda yang keluaran jadul atau istilah nya hardware keluaran tahun 2011-2014 mungkin kernel 3.0 dan sampai kernel 4.9 sudah cukup untuk speksifikasi hardware keluaran lama
kalau PC dan Laptop anda baru dan komponen hardware dari PC anda itu baru di tahun 2017 ini contoh prosesor pc dan laptop anda Intel i7 gen 7th, 6th dengan codename kabylake, skylake, dan kalau di AMD itu Ryzen, mungkin alangkah sebaik nya anda upgrade kernel tersebut agar performa agak semakin membaik.

kalau spesifikasi PC dan Laptop anda jadul dan memakai kernel paling update misal nya 4.13 pasti agak kendala nya entah itu di bagian tidak support dalam perangkat hardware anda
dan saya sudah mencoba nya saat saya menggunakan Ubuntu 14.04 LTS dan Ubuntu 16.04 LTS
pada saat saya mengganti suatu kernel di ubuntu yang tadi nya touchpad atau keypad Laptop saya bisa mengklik dengan lancar tetapi pada saat saya rubah ke kernel 4.12 yang tadi nya kernel tersebut paling baru dan yang terjadi touchpad di Laptop saya tidak berfungsi saat berhasil mengganti kernel ke 4.12 entah kenapa saya bingung dan settings di konfigurasi pada Ubuntu tetap sama saja tidak berfungsi dan saya ubah kernel nya lagi jadi downgrade kernel ke versi bawaan nya Ubuntu 14.04 LTS yang kernel versi 4.5 akhir nya bisa kembali seperti semula.

bisa juga anda terkena istilah kernel panic, kedengaran kernel panic sudah sangat populer di kalangan open source dan banyak juga tutorial mengatasi kernel panic, saya juga pernah mengalami tetapi saya lupa mau menulis di blog ini maafkan saya ^_^ .... lain kali waktu kalau saya menemukan kernel panic di linux saya akan saya share kok cara mengatasi nya ^_^ ...

mungkin itu saja curhatan dari saya, kalau artikel ini salah mungkin anda yang master boleh
mengkoreksi nya dan isi komentar dibawah ini karena saya juga baru belajar ^_^

untuk cara install nya sangat mudah tinggal klik install dan tunggu proses hingga selesai
di bagian ini memang agak lama karena sekaligus mendownload dan langsung install kernel


dan jika sudah selesai anda tinggal reboot PC atau Laptop anda
bisa lewat terminal/console maupun bisa lewat dari start menu
$ sudo reboot
setelah di restart cek kernel nya dan untuk mengecek kernel nya anda bisa ke
Manjaro Settings Manajer dan bisa lewat terminal
$ uname -a

mungkin itu saja mengenai cara mudah untuk mengupgrade kernel di Manjaro Linux ^_^
jika ada kesalahan dan kurang mengerti silakan berkomentar tetapi sopan yah kalau spam
dan tidak sopan akan saya hapus

sekian dan semoga bermanfaat ^_^

Wassalamualaikum Wr.Wb...

Post a Comment

0 Comments